28 Januari 2023

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

JADI NARASUMBER DI POPCAST TOLOMATO ORI PERWAKILAN PROVINSI GORONTALO, IRWASDA SAMPAIKAN KIAT-KIAT KEBERHASILAN MENURUNKAN JUMLAH LAPORAN DUMAS DI TAHUN 2021

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Berdasarkan data sebaran laporan masyarakat dan jumlah konsultasi laporan masyarakat di Provinsi Gorontalo yang diterima oleh Ombudsman RI (ORI) Perwakilan Gorontalo Tahun 2021 jika dibandingkan tahun 2020, jumlah laporan masyarakat (Dumas) terhadap Polda Gorontalo dan jajaran yang ditindaklanjuti oleh ORI Perwakilan Gorontalo terjadi penurunan yang signifikan apabila dibandingkan dengan tahun 2020 yang menempati ranking ke 3, sedangkan jumlah Konsultasi publik yaitu komplain publik yang berpotensi laporan, tapi setelah di konsultasikan di Ombudsman, tidak ditidaklanjuti oleh pelapor sebagai laporan atau sebaliknya malah diselesaikan lebih awal oleh terlapor sehingga tidak naik menjadi laporan actual pada tahun 2021 ada 11 Konsultasi Publik di ORI Perwakilan Gorontalo yang terdiri dari : Polda (6 Konsultasi Publik) , Polres (4 Konsultasi Publik) dan Polsek (1 Konsultasi Publik). Atau menempati Ranking I.

Keberhasilan Irwasda Polda Gorontalo Kombes Pol. Yakub Dedy Karyawan, SIK dalam menurunkan laporan aktual masyarakat dan meningkatkan jumlah konsultasi publik di tahun 2021 inilah yang kemudian mendorong oleh ORI perwakilan Gorontalo mengundangnya untuk diberikan piagam penghargaan dan menjadi narasumber dalam dialog Popcast Tolomato di Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Gorontalo yang terletak di Jl. 23 Januari No.186, Kelurahan Biawao, Kecamatan Kota Selatan 31/12/2021.

Dalam penjelasannya, Yakub Dedy menyampaikan langkah-langkah yang sudah dilakukan Inspektorat Pengawasan Daerah Polda Gorontalo.

“Keberhasilan menurunkan jumlah pengaduan masyarakat dan meningkatkan jumlah konsultasi publik kuncinya adalah dengan penguatan pengawasan dan penanganan komplin masyarakat secara cepat, hal ini sebagai upaya tindak lanjut Program Prioritas Kapolri ke -15 dan Ke -16,“ kata Yakub Dedy.

Lanjut, Dedy menguraikan langkah-langkah yang sudah diambil, sehingga dirinya berhasil menurunkan laporan Dumas.

“Langkah-langkahnya antara lain dengan meningkatkan komunikasi dan sinergi dengan ORI melalui pembuatan WA Grup dan menunjuk Perwira menjadi LO, sehingga mempermudah komunikasi dan kecepatan merespons laporan masyarakat, selain itu Polri dalam hal ini Polda Gorontalo dan Polres jajaran tidak memproteksi diri / alergi dengan berbagai bentuk keluhan / complain / laporan masy bahkan menjadikan kritik / keluhan dan lain-lain dari masyarakat menjadi bahan yang sangat berharga untuk melaksanakn instropeksi/ evaluasi dan mengambil langkah-langkah perbaikan, selanjutnya memiliki komitmen dan ketegasan, obyektif dan respons yang cepat untuk menindaklanjuti setiap keluhan / aduan masyarakat dan terakhir yaitu komitmen Pimpinan dalam hal ini Kapolda dan juga para Kapolres dalam menerapkan reward and punishment secara seimbang,“ terang Yakub Dedy.

Dalam kesimpulannya, Yakub Dedy mengatakan bahwa dengan tingginya jumlah konsultasi publik dan rendahnya Laporan Aktual Masyarakat yang di tindaklanjuti oleh ORI Perwakilan Gorontalo sepanjang Tahun 2021, menunjukkan bahwa Program Prioritas Kapolri ke-15 tentang Penguatan Fungsi Pengawasan dan ke-16 tentang Pengawasan oleh Masyarakat (Public Complain) terkhusus sinergitas dan komunikasi fungsi pengawasan Internal Polri dengan ORI semakin terjalin secara lebih baik dan optimal.

“Kita akan terus bersinergi dengan ORI perwakilan provinsi Gorontalo dalam merespon setiap pengaduan masyarakat,” Tutupnya.

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x