Seluruh Kabid Humas Polda Jajaran Ikuti Pendidikan dan Pelatihan Fungsional TA. 2017 Bidang Kehumasan

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Divisi Humas Polri telah bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Public Relations Indonesia (LSP PRI) melakukan Pendidikan dan Pelatihan Fungsional TA.2017 Bidang Kehumasan, di Hotel Novotel Batam Provinsi Kepulauan Riau selama 3 (tiga) hari sejak tanggal 9 – 11 Agustus 2017.

Kegiatan pendidikan dan pelatihan ini diikuti oleh seluruh Kabid Humas Polda Seluruh Indonesia, termasuk Kabid Humas Polda Gorontalo Akbp Wahyu Tri Cahyono SIK, dan kegiatan ini dibuka langsung oleh Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Drs. Setyo Wasisto, S.H. didampingi Kapolda Kepulauan Riau Irjen Pol Drs. Sam Budigusdian, M.H. dan Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi Publikc Relations Indonesia (LSP PRI).

Pada pembukaannya, Kadiv Humas Polri Irjen. Pol. Drs. Setyo Wasisto, S.H. menyampaikan perintah dari Kapolri Jenderal Polisi Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D. agar segera membuat Tarian Maumere secara massal seperti yang dilakukan oleh Polda Sumatera Selatan, dan segera melaporkan kepada Kadiv Humas Polri pada tanggal 13 Agustus 2017.

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan ini menjadi aspek penting bagi kompetensi praktisi humas Indonesia, termasuk Pejabat Humas Polda Seluruh Infonesia, dimana pelatihan kehumasan dan tempat uji kompetensi akan disiapkan oleh Divisi Humas Polri dan ditutup dengan pelaksanaan ujian kompetensi oleh LSP PRI.

LSP PRI merupakan LSP-3 yang dapat melakukan sertifikasi kompetensi atas nama Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) kepada semua pihak.

Kompetisi global dan MEA sudah tidak bisa dihindari lagi. Praktisi Humas Indonesia, baik dari korporasi, perusahaan-perusahaan BUMN, hingga Humas Polri dan Humas instansi pemerintah, harus mampu berkompetisi di tingkat global.

Sertifikasi kompetensi Humas ini akan menjadi benchmark dalam menghadapi persaingan global, terutama untuk mewujudkan peran profesional Public Relations dalam fungsi manajemen serta kerangka pemikiran yang strategis dan visioner bagi kemajuan organisasi dan bangsa.

Dengan sertifikat Humas tersebut, pejabat humas akan mengetahui seberapa jauh kompetensi individu dalam tim humasnya berdasarkan empat kategori, meliputi Sertifikasi III (Humas Junior), Sertifikasi IV (Humas Madya), Sertifikasi V (Humas Ahli), dan Sertifikasi VI (Humas Manajerial).

Bagi praktisi Humas, manfaat terbesar dari sertifikasi ini antara lain adanya acuan standar dan pelaksanaan Key Performance Indicator yang objektif sehingga bisa berkarya secara professional dan terukur serta mengetahui peta kekuatan kompetensi individu jajaran humas di masing-masing divisi.

Dengan adanya Pendidikan dan Pelatihan bidang kehumasan ini, profesi Humas merupakan profesi yang fokus pada profesionalisme, berorientasi outputs dan menjadi fungsi manajemen yang strategis.

Penulis         : Fandi

Editor           : Umi Fadilah

Publish         : Fandi

 

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x