26 Januari 2022

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

PERINGATI HARI HAM, POLDA GORONTALO GELAR LOMBA ORASI UNJUK RASA 2021, REBUT PIALA KAPOLRI

Tribratanews.gorontalo.go.id-Polda Gorontalo,Polda Gorontalo menggelar Lomba Orasi Unjuk Rasa 2021 memperebutkan Piala Kapolri, Sabtu (4/12/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan secara Nasional dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) yang jatuh pada 10 Desember mendatang.

Gelaran lomba kali ini mengangkat tema Memperingati Hari Hak Asasi Manusia dengan subtema bebas.

Adapun teknis lomba orasi itu dilakukan melalui seleksi di tingkat Polda untuk disaring masuk ke tingkat Mabes Polri.

Lomba orasi ini digelar dan diperuntukkan kepada seluruh elemen masyarakat agar ikut berpartisipasi, dengan ketentuan satu tim berjumlah 5-13 orang.

Setelah melewati penyaringan di tingkat Polda, pada tanggal 5 Desember peserta yang menjadi juara pertama di daerah videonya akan dikirim ke tingkat pusat atau Mabes Polri untuk diseleksi kembali, dari 34 Polda pengiriman akan mengerucut menjadi 6-10 team, yang akan tampil di Grand Final yang akan diselenggarkan di lapangan Bhayangkara Mabes Pori Jakarta Selatan pada tanggal 10 Desember 2021 Hari Ulang Tahun HAM.

Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono, SIK menjelaskan, lomba tersebut bertujuan untuk memberikan ruang dan wadah kepada seluruh elemen masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan ekspresinya.

“Polri sangat berempati dan memberi peluang kepada mahasiswa maupun elemen masyarakat untuk menyerukan permasalahan yang terjadi di bawah,” ujarnya.

Wahyu juga berharap kegiatan lomba orasi unras ini bisa menjadi edukasi bagi masyarakat dalam menyampaikan pendapat dimuka umum sebagaimana yang diatur dalam UU no 9 Tahun 1998 pasal 6 yang diatur tentang kewajiban dan tanggung jawab warga negara dalam menyampaikan pendapat dimuka umum antara lain menghormati hak-hak orang lain, menghormati aturan-aturan yang diakui umum, menaati hukum dan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, menjaga dan menghormati keamanan dan ketertiban umum serta menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa.

“Polri dalam hal ini Polda Gorontalo akan senantiasa siap dalam memberikan pelayanan dan mengamankan giat masyarakat dalam menyampaikan pendapat dimuka umum tersebut,” Tutup Wahyu

Penulis : Yd1n

Editor : Heny

Publish : Yd1n

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x