Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

KAPOLDA GORONTALO BERI APRESIASI KAMPUS TANGGUH YANG DIINISIASI OLEH FK HUKUM UNG

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid19 tentunya tidak akan berhasil optimal tanpa peran semua pihak. Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus,SIK.M,Si.,M.M dalam pertemuannya dengan para Rektor dan sejumlah tokoh se propinsi Gorontalo beberapa waktu lalu pernah menyampaikan tentang konsep pentahelix (penta = lima, helix =jalinan) dimana ada 5 (lima) elemen yang saling berkaitan untuk keberhasilan suatu program antara lain pemerintah, masyarakat, kelompok akademisi, para pengusaha dan media.

“Konsep pentahelix itu suatu hal yang niscaya, dimana pemerintah tidak bisa berjalan sendiri, pemerintah butuh partisipasi dari masyarakat ataupun komunitas, tetapi pemerintah dengan masyarakat pun tidak bisa berbuat banyak jika tidak didukung dengan kaum akademisi, begitu juga pemerintah, masyarakat, akademisi mungkin kurang efektif jika tidak ada keterlibatan para pengusaha, dan keempat unsur tersebut tidaklah sempurna jika tidak melibatkan media, konsep ini juga yang akan kita gunakan dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah Propinsi Gorontalo agar tetap kondusif, danjuga dalam penanganan Covid19,”ujar Wiyagus.

Adanya kegiatan Launching Kampus Tangguh sebagai buah karya Fakultas Hukum Universitas Negeri Gorontalo menunjukkan bentuk partisipasi dari kalangan akademisi dalam mendukung program pemerintah dalam menanggulangi wabah Covid19 yang sampai dengan saat ini masih menjadi ancaman.

Atas upaya yang dilakukan oleh FK Hukum UNG tersebut, Kapolda Gorontalo melalui Direktur Pembinaan Masyarakat (Dirbinmas) Kombes Pol Tony Budiarto,SIK memberikan apresiasinya saat menghadiri Lauching Kampus Tangguh di FK Hukum UNG. Jum’at (6/4/2021).

“Saya mewakili bapak Kapolda Gorontalo memberikan apresiasi yang setingi-tingginya atas upaya FK Hukum UNG mendirikan Kampus tangguh ini sebagai langkah nyata mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid19 khususnya di lingkungan kampus , tentunya ini bisa dijadikan role model bagi kampus kampus lainnya untuk mencontoh, mengingat sesuai rencana pada bulan juni nanti sudah akan berlangung kuliah tatap muka, tentunya disiplin protokol kesehatan harus benar-benar ditegakkan guna mencegah penyebaran Covid19,”ujar Toni.

Sementara itu Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Hukum. Madyatama SY. Failisa dalam penjelasannya tentang maksud pendirian Kampus Tangguh mengatakan bahwa corona ini masih ada dan menjadi ancaman bagi masyarakat sehingga perlu upaya bersama-sama guna memutus mata rantai penyebaran Covid19.

“Kita tahu Corona ini masih ada, sehingga kita perlu memerangi, kita perlu sama-sama memberantas dan memutus mata rantai,”Nya.

Madyatama menjelaskan bahwa Kampus tangguh yang dilaksanakan berpedoman pada protokol kesehatan.

“Disini tersedia posko, di depan-depan halaman juga tersedia tempat cuci tangan, setiap mahasiswa atau orang lain yang akan masuk ke fakultas hukum harus melalui posko dicek suhu tubuh, mahasiswa disterilkan dulu,dan disetiap ruangan disediakan hand sanitizer, semua dilaksanakan sesuai prosedur prokes yang ada,”jelasnya.

Ditempat yang sama Wakil Rekrot III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNG Prof. Karmila Machmud,S.Pd.,MA.,Ph.D saat diwawancara memberikan apresiasi atas inisiasi dari SENMA FK Hukum UNG mendirikan Kampus Tangguh.

“Saya sangat mengapresiasi atas inisiasi dari teman-teman SENMA FK Hukum karena yang mereka gagas ini sangat penting yang pertama kita berada ditengah-tengah pandemi dan itu menjadi tugas tanggung jawab seluruh pihak,dan saya sangat berbangga karena anak-anak kami ini memikirkan sesuatu yang memang akan menyelesaikan salah satu dari permasalahan bangsa saat ini, dan terhadap kampus tangguh ini kami berharap tidak hanya berhenti pada FK hukum namun bisa menjadi contoh bagi fakultas lainnya,”kata Karmila.

Penulis : WTC

Editor : Heri

Publish : Fandi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x