Cegah Terorisme, Polda Gorontalo Perketat Keamanan Markas Komando

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id -Polda Gorontalo, Menyikapi perkembangan situasi yang terjadi saat ini khususnya terjadi pasca peledakan bom bunuh diri di Gereja Katerdal Makasar Sulawasi Selatan, secara khusus Kapolda Gorontalo meminta personil dan jajaranya untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dalam bertugas. Senin, (29/03/2021).

Salah satunya memperketat penjagaan pintu masuk Markas Komando Polda Gorontalo dengan menempatkan personel tambahan bersenjata laras panjang. selain itu tamu atau siapa saja yang akan masuk mako dilakukan pemeriksaan ketat baik identitas, barang bawaan maupun kendaraan.

Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono mengatakan, penjagaan dengan sistem SOP pengamanan Mako tersebut sebenarnya sudah berlangsung sejak lama. Namun kali ini semakin diperketat untuk antisipasi penyusupan pelaku terorisme masuk ke Mapolda Gorontalo.

“Kami pertebal pengamanan dengan menempatkan petugas bersenjata laras panjang. Setiap pengunjung pun diperiksa secara cermat dari kemungkinan mereka membawa benda berbahaya seperti bom atau senjata yang dapat mengancam keselamatan anggota Polda Gorontalo” ungkap Kabid Humas

Dijelaskan Wahyu, selain melakukan penjagaan di pintu gerbang Mapolda, pihaknya menginstruksikan kepada seluruh anggota Polda dan jajaran untuk selalu waspada dalam setiap kegiatan baik saat di lingkungan Mako ataupun di luar. Salah satunya adalah agar tidak bertugas seorang diri saat menjalankan tugas seperti patroli dan penjagaan.

“Saat bertugas, anggota dilarang untuk berjaga sendirian melainkan harus ada rekan lain yang selalu siap siaga untuk saling melindungi. Biasanya dalam satu kelompok tugas, ada satu anggota yang membawa senjata laras panjang dan posisinya selalu membelakangi untuk mengawasi kemungkinan kehadiran orang asing yang mengancam keselamatan mereka, atau istilahnya body system,” kata mantan Kapolres Bone Bolango

Selain penjagaan diperketat, dilakukan pula dengan memaksimalkan fungsi kamera CCTV selama 24 jam penuh di sejumlah penjuru lingkungan Mapolda. Semua pengunjung juga diharuskan mengenakan tanda pengenal dan harus dikembalikan ke petugas jaga saat mereka hendak keluar Polda Gorontalo.

Penulis : Randi

Editor : Heri

Publish : Randi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x