Polda Gorontalo Sediakan Layanan Pengurusan SKCK Secara Online

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Kepolisian Daerah (Polda) Gorontalo kini membuka pelayanan pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) secara online tanpa harus mengantri.

“Dulu pembuatan SKCK pemohon harus mendatangi langsung kantor Kepolisian baik itu Polda maupun Polres, namun kini sudah bisa dilakukan secara online dimana saja,” kata PS. Kasi Yanmin Dit Intelkam Polda Gorontalo, IPDA Najamudin Badu.

Menurutnya pembuatan SKCK secara online ini untuk memudahkan masyarakat. Khususnya para pencari kerja, studi, permohonan visa, pencalonan pejabat, yang ingin mendapatkan pelayanan tersebut.

Ini merupakan langkah Polri dalam menciptakan wilayah kerja yang bebas korupsi, bersih, dan meningkatkan kwalitas kinerja Polri dalam melayani masyarakat.

Kemudian, demi kecepatan pelayanan dan menghindari praktek percaloan maupun perilaku menyimpang lainnya dari oknum anggota Polri yang tidak bertanggung jawab.

Dilakukan secara online ini nantinya akan terintergasi dengan server yang ada di Mabes Polri. Sehingga pembuatan SKCK ini nantinya akan bisa lebih terdata.

“Dengan beralihnya menjadi layanan online seperti ini, akan memberantas kemungkinan terjadinya praktik pungli,” tegasnya.

Dalam Peraturan Kapolri Nomor 18 tahun 2014, SKCK adalah surat keterangan resmi yang diterbitkan oleh Polri melalui fungsi Intelkam kepada seorang pemohon/warga masyarakat.

Surat itu untuk menerangkan tentang ada ataupun tidak adanya catatan suatu individu atau seseorang yang bersangkutan dalam kegiatan kriminalitas atau kejahatan

Untuk bisa mengakses layanan SKCK online masyarakat cukup melalui https://skck.polri.go.id.

Adapun syaratnya yaitu, Fotokopi KTP dengan menunjukan KTP asli, Fotokopi Paspor, Fotokopi Kartu Keluarga (KK).

Fotokopi Akte Lahir / Kenal Lahir / Ijazah, Fotokopi kartu identitas lain bagi yang belum memenuhi syarat untuk mendapatkan KTP.

Pas foto berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak 6 (enam) lembar dengan latar belakang merah, berpakaian sopan, tampak muka, dan bagi pemohon yang mengenakan jilbab, pasfoto harus tampak muka secara utuh.

Untuk biaya pembayaran penerbitan SKCK sebagaimana tertuang dalam Peratutan Pemerintah Nomor 76 tahun 2020 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak yang berlaku di lingkungan Polri yaitu sebesar Rp. 30.000,- (tiga puluh ribu rupiah) per satu lembar SKCK.

Namun, untuk saat ini pembayaran biaya penerbitan SKCK sesuai PNBP, pemohon tetap harus menyerahkan ke loket pelayanan Polda, Polres maupun Polsek.

Setelah SKCK dicetak, petugas pelaksana SKCK atau bendahara penerimaan akan melakukan pembayaran melalui melalui link simponi PNBP yg sudah terdaftar di Polda, Polres ataupun Polsek setempat.

Penulis : Fandi

Editor : Heri

Publish : Fandi

4.2 6 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Ismail abas
Ismail abas
2 years ago

Assalamualaikum pak saya mau bikin surat skck

Dedi sinosi
Dedi sinosi
1 year ago

Mohon maaf sebelumnya hanya mau memperjelas saja..🙏🙏 tertanggal 27-06-2022.. Saya sudah melakukan pendaftaran SKCK secara online dan berhasil,, setelah mau di jemput SKCK, membawa surat pendaftara secara online dan uang sejumlah Rp. 30.000, datang ke POLDA GORONTALO, malah di suru urus lgi manual, urus dari awal lgi secara offline..
Pertanyaan saya,, pengurusan SKCK online seperti apa sih..?? Pikir saya habis buat SKCK secara online, bgitu sukses tinggal di jemput saja.. Ehhh malah di suruh buat lgi secara offline.. Mohon petunjuk.. 🙏🙏🙏

Screenshot_2022-06-30-09-43-14-118_pdfreader.pdfviewer.officetool.pdfscanner.jpg
Putra dunggio
Putra dunggio
1 year ago

Gak ssuai.. pada saat pengurusan di polda nyatanya harus mnta surat kelakuan baik dlu dri kelurahan terus surat rekom dri polsek setempat pdhl di kota lain dan di penjelasannya gk ad ket seperti it kok di lapangan jadi ribet ya, pdhl udah isi data online lengkap dll

Farlan abidi
Farlan abidi
3 months ago

Semoga bisa

4
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x