6 Desember 2022

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Cegah Kerusakan Hutan, Dit Binmas Polda Gorontalo Berikan Pembinaan Ke Personel Polhut

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Jum’at 15 Januari 2021, Dit Binmas Polda Gorontalo melaksanakan pembinaan kepada anggota Polhut, kegiatan di Pimpin oleh Paur Siwasjaspam AKP Anas Drajat Adam bersama anggota Briptu Yanton G.U.

AKP Anas menjelaskan, Kegiatan ini bertujuan untuk mengingatkan kembali tugas-tugas kepolisian khususnya seperti Polisi Kehutanan (Polhut). Agar Polhut dapat menjaga kekayaan alam yang sangat tinggi nilainya karena dapat memberikan manfaat langsung maupun tidak langsung bagi kehidupan dan penghidupan bangsa Indonesia, baik manfaat ekologi, sosial budaya maupun ekonomi. Untuk itu hutan harus dikelola secara professional agar manfaatnya dapat dirasakan oleh generasi sekarang dan generasi yang akan datang.

Dalam rangka mencegah dan membatasi kerusakan hutan, kawasan hutan dan hasil hutan, tumbuhan dan satwa liar yang disebabkan oleh perbuatan manusia, dan Mempertahankan serta menjaga hak-hak negara, masyarakat, dan perorangan atas hutan, kawasan hutan, dan hasil hutan perlu dilakukan upaya perlindungan hutan

“Untuk menjamin terselenggaranya perlindungan hutan, maka kepada Pejabat Kehutanan tertentu sesuai dengan sifat pekerjaannya diberikan wewenang kepolisian khusus dibidangnya. Yang kita kenal dengan sebutan Polisi Kehutanan atau disingkat Polhut,” terang Anas.

Lanjut Akp Anas, Polisi Kehutanan adalah pejabat tertentu dalam lingkungan instansi kehutanan pusat dan daerah yang sesuai dengan sifat pekerjaannya, menyelenggarakan dan atau melaksanakan usaha perlindungan hutan yang oleh kuasa undang-undang diberikan wewenang kepolisian khusus di bidang kehutanan dan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. (PP 45 tahun 2004).

Kedatang Tim Subdit Satpam/Polsus dapat di terima dengan baik oleh anggota Polhut, serta di akhir kegiatan AKP Anas Djafar Adam memberikan APD berupa Masker kepada anggota Polhut, serta mengingatkan kepada mereka agar tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

Penulis : Pid Dit Binmas

Editor : Heri

Publish : Fandi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x