10 Agustus 2022

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

SIAP AMANKAN TPS, POLDA GORONTALO GELAR APEL PERGESERAN PASUKAN

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Jum’at (04/12) bertempat di lapangan Polda Gorontalo, Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, SIK, M.Si, M.M memimpin langsung apel pengecekan kesiapan pergeseran pasukan (Serpas) dalam rangka pengamanan Pilkada serentak Tahun 2020 di Provinsi Gorontalo.

Dalam pelaksanaan apel Serpas ini turut dihadiri oleh unsur Forkopimda Provinsi, Wakapolda Gorontalo Brigjen Pol. Drs. Jaya Subriyanto, Ketua KPU Propinsi, Ketua Bawaslu Propinsi, para Pejabat Utama Polda Gorontalo serta para Kapolres Jajaran.

Kapolda Wiyagus dalam amanatnya menjelaskan bahwa kegiatan apel yang dilaksanakan adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapan baik personil maupun kelengkapannya dalam menghadapi tahapan inti dari pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2020.

“Dimana tinggal menghitung hari tepatnya tanggal 9 Desember 2020 atau tinggal 5 hari kedepan kita akan dihadapkan dengan tahapan pemungutan dan penghitungan suara, laksanakan tugas mulai ini dengan penuh rasa tanggung jawab, kenali medan diman anda bertugas, lakukan koordinasi dengan penyelanggara Pilkada, dan pedomani Jukrah yang nantinya disampaikan oleh Karo Ops tentang apa-apa yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan selama saudara-saudara bertugas mengamankan TPS , jaga terus kondisi kesehatan masing-masing, patuhi protokol kesehatan dan saya minta masalah Prokes ini agar terus diingatkan kepada masyarakat saat melaksanakan pemungutan suara agar pelaksanaan Pilkada tidak menimbulkan kluster baru penyebaran Covid19,” ungkap Wiyagus.

Dalam amanatnya Kapolda Wiyagus menyebutkan jumlah personel Polri yang dilibatkan dalam pengamanan TPS di 3 (Tiga) Kabupaten berjumlah 1009 orang.

“Berdasarkan rencana pengamanan Pilkada tahun 2020, untuk jumlah TPS di tiga kabupaten penyelenggara secara keseluruhan berjumlah 1.468 TPS, personel Polri yang dilibatkan dalam pelaksanaan Pam TPS berjumlah 1.009 personil yang terdiri dari personil 3 Polres yang melaksanakan Pilkada dan BKO dari Polda yang disesuaikan dengan pola pengamanan dan tingkat kerawanan dari masing-masing TPS. Khusus untuk Polda Gorontalo, telah disiapkan 517 personil gabungan Polda Gorontalo yang terdiri dari 30 orang Pejabat Utama Polda Gorontalo sebagai Pamatwil, 139 personil gabungan staf Mapolda Pam Tps, 90 personil Sat Brimob Polda Gorontalo, 80 personil Dit Samapta Polda Gorontalo dan 30 personil gabungan staf Mapolda dan yang melaksanakan tugas BKO Polres pelaksana Pilkada, Tim Negosiator 29 Personel dan kompi kerangka 119 personel” terang Wiyagus.

Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol. Wahyu Tri Cahyono, SIK ditempat yang sama juga menjelaskan, Pelaksanaan apel kali ini merupakan wujud kesiapan Polri bersama TNI dalam memberikan pengamanan Pilkada serentak 2020.

“Hari ini seluruh personel Polda Gorontalo yang akan di BKO kan untuk membantu Polres dalam pengamanan TPS diapelkan, setelah ini mereka nanti akan diapelkan kembali di masing-masing Polres untuk mendapatkan arahan-arahan terutama cara bertindak selama pelaksanaan tugas di TPS, dan mulai tanggal 6 Desember 2020 besuk sudah ada personel yang bergeser mengawal distribusi logistik di daerah terpencil,” kata Wahyu.

“Intinya Kami Polri bersama TNI siap menjamin keamanan Pilkada serentak tahun 2020 di wilayah Propinsi Gorontalo,”pungkasnya.

Penulis : Fandi

Editor : Heri

Publish : Fandi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x