Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Wujudkan Pilkada Aman, Polda Gorontalo Gelar Simpamkota Dengan Menggunakan Metode Tactical Floor Game (TFG)

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Pelaksanaan Pemilihan Kepada daerah di 3 Kabupaten Provinsi Gorontalo (Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo dan Kabupaten Pohuwato) sebentar lagi akan diselenggarakan. Oleh itu dalam mewujudkan Kamtibmas yang aman di tengah penularan Covid-19, Polda Gorontalo menggelar Sispamkota yang diselenggarakan di Aula Titinepo Polda Gorontalo, Kamis (19/11).

Dalam kegiatan Simpamkota ini dipimpin langsung oleh Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, SIK, M.Si M.M didampingi Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, dan Danrem 133/Nani Wartabone Brigjen TNI Bagus Antonov Hardito, M.A, serta turut dihadiri oleh Wakapolda Gorontalo Brigadir Jenderal Polisi Drs. Jaya Subriyanto, Para Pejabat Utama Polda Gorontalo, Para Kapolres Jajaran, Ketua KPU, Ketua Bawaslu, dan para peserta pelaksanaan Sispamkota.

Dalam arahnnya Kapolda Gorontalo mengatakan bahwa, dalam sebuah agenda pesta demokrasi memiliki karakteristik potensi kerawanan yang khas dan sangat rentan terjadi konflik sosial.

“Konflik yang muncul tersebut biasanya di dipicu oleh adanya berita bohong atau hoax terkait prilaku pasangan calon yang di upload melalui media sosial oleh oknum dari lawan pasangan calon maupun dari oknum yang tidak bertanggungjawab yang pada akhirnya menimbulkan kesalah pahaman dan ketegangan antar kubu pasangan calon,” terang Wiyagus.

Selanjutnya Kapolda Wiyagus katakan bahwa dalam pelaksanaan Pilkada sering muncul ketidakpuasan dari oknum Paslon dan massa pendukung atas keputusan penyelenggara Pilkada terkait pelanggaran Pilkada maupun hasil akhir pelaksanaan Pilkada (hasil hitung surat suara) dimana pelampiasan rasa ketidakpuasan tersebut biasanya dilakukan di kantor-kantor penyelenggaran Pilkada, kantor-kantor pemerintahan maupun tempat-tempat lain sehingga menimbulkan gangguan Kamtibmas, hal inilah kemudian menurutnya perlu langkah-langkah antisipasi dan kesiapan personel Polri melalui optimalisasi Sispamkota disetiap Kabupaten dan kota yang menyelenggarakan Pilkada.

“Berkaca dari permasalahan tersebut, Polda Gorontalo saat ini menyelenggarakan kegiatan latihan sispamkota yang dilaksanakan melalui Metode Gladi Posko Dan Tactical Floor Game (TFG) yang bertujuan untuk menyamakan persepsi dan cara bertindak personel pada saat di lapangan nanti. Dimana kegiatan ini sangat penting untuk kita laksanakan, agar dalam setiap pelaksanaan penanganan kontijensi terkait konflik sosial pada pilkada serentak tahun 2020 kita mampu memaksimalkan sistem pengamanan kota yang telah kita susun sebelumnya, sehingga pada akhirnya mampu mencegah dan mengeliminir tindakan – tindakan yang bersifat anarkis pada setiap kegiatan penyampaian pendapat di muka umum,” terang Wiyagus.

Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono,SIK dalam keterangannya mengatakan bahwa Polda Gorontalo beserta Polres jajaran siap memberikan jaminan keamanan seluruh tahapan Pilkada.

“Polri bersama TNI siap jamin keamanan Pilkada, oleh karena itu masyarakat tidak perlu khawatir pada tanggal 9 Desember 2020 nanti datangi TPS, gunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani, jangan Golput, seluruh petugas Polri dan TNI akan mengamankan pelaksanaan pungut dan hitung suara di TPS,” kata Wahyu.

Penulis : Fandi

Editor : Heri

Publish : Fandi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x