4 Februari 2023

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Tingkatkan Kemampuan Personel, Brimob Gorontalo Lakukan Latihan SAR

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Mengingat provinsi gorontalo pada akhir akhir ini sering dilanda bencana banjir dan tidak menutup kemungkinan bencana banjir tersebut kembali melanda, Brimob Polda Gorontalo mengadakan pelatihan SAR dalam rangka meningkatkan kemampuan SAR bagi setiap personil brimob gorontalo, Rabu 12 Agustus 2020.

Iptu Ruslan A. Djafar Kasi OPS Brimob Gorontalo yang turut hadir dalam kegiatan ini mengatakan bahwa, Kemampuan SAR ini sangat diperlukan apalagi mengingat kejadian bencana alam sewaktu waktu bisa terjadi, sehingga kesiapsiagaan SAR harus ditingkatkan. Latihan personel Brimob tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan SAR guna kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan terjadi bencana. Pada kegiatan kali ini materi yang diberikan yaitu cara pengoprasian perahu karet yang digunaakan pada saat evkuasi korban pada bancana banjir.

“Latihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada setiap anggota brimob gorontalo akan cara pengoprasian perahu karet, sehingganya setiap personil brimob gorontalo bisa mahir dalam pengoprasian perahu karet dan dapat menunjang kemampuan personil tersebut dalam tugas dilapangan,” jelas Ruslan.

Selain itu latihan ini juga bertujuan untuk mengasah kemampuan brimob gorontalo dalam hal SAR sehingga siap untuk menghadapi tantangan tugas kedepannya, dan juga tidak ada rasa ragu dalam menghadapi semua tugas-tugas yang akan datang terutama pada tantangan tugas yang berhubungan Dengan Serch And Rescue.

Ruslan menyebutkan, Latihan seperti ini rutin dilakukan untuk meningkatkan kemampuan setiap anggota brimob gorontalo sehingga siap dan sigap dalam menghadapi tantangan tugas di wilayah hukum Polda Gorontalo.

sasaran latihan ini adalah untuk melatih dan mengasah setiap kemampuan SAR yang dimiliki oleh personil brimob gorontalo dan untuk menjaga ketahanan fisik personil dalam proses evakuasi korban banjir serta untuk sarana mendidik, melatih personil agar paham akan tugas popok masing masing dan lebih profesional” tuturnya.

“latihan ini mengajarkan teknik evakuasi dan penyelamatan korban di perairan dan cara pengoprasian perahu karet berdasarkan SOP yang berlaku untuk mengurangi kesalahan prosedural dalam penanganan korban” tambahnya.

Penulis : Fandi

Editor : Mutia

Publish : Fandi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x