10 Agustus 2022

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Seleksi SIP, 550 Personel Polda Gorontalo Ikuti Tes Psikologi

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Tes Psikologi merupakan metode dan serangkaian instrumen yang dijalankan untuk mengukur aspek-aspek yang tidak teramati secara langsung pada manusia yang menyangkut aspek psikologi. Tes psikologi menggunakan konstruksi tertentu untuk mengukur kondisi tertentu pada manusia.

Sebagai contoh, serangkaian tes dilakukan untuk mengukur kesehatan mental, kepribadian, IQ, kecakapan, penyelesaian masalah dan kemampuan beradaptasi atas situasi tertentu.

Tes psikologi ini seperti yang dilaksanakan oleh Biro SDM Polda Gorontalo kepada 550 peserta seleksi Sekolah Inspektur Polisi Polda Gorontalo yang dilaksanakan di gedung Auditorium UNG, Senin 27 Januari 2020.

Dir Narkoba Polda Gorontalo Kombes Pol. Dewa Putu Gede Artha, SH, MH selaku ketua Tim dalam seleksi SIP ini menyampaikan, adapun jumlah keseluruhan yang mengikuti tes psikologi ini berjumlah 550 peserta dengan rincian 530 Pria dan wanita 20 peserta.

“pelaksanaan tes psikologi ini akan berjalan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP), karena apa yang telah ditentukan, kita dari Panitia Daerah akan tetap menganut System Clean and Clear, serta menggunakan prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis),” Terangnya.

Karo Sdm Polda Gorontalo Kombes Pol. Muhammad Arif Sugiarto SIK, menambahkan, Kegiatan ujian psikologi mendapat pengawasan ketat dari internal Polri, eksternal dan anggota HIMPSI. “Dari Mabes juga sudah melaksanakan verifikasi komputer dan system IT-nya sehingga pelaksanaan benar-benar berjalan sesuai dengan SOP,” tegasnya.

“Selain itu, para peserta diuji mulai dari tes kepribadian, tes kecerdasan, hingga ketahanan kerja, dan kegiatan ini dilaksanakan dengan konsep one Day service, artinya mulai dari pembukaan Cd soal hingga pengumuman hasil dilaksanakan saat itu juga, dalam satu hari ini,” Terang Kombes Pol. Muhammad.

Penulis    : Fandi

Editor       : Irda

Publish     : Fandi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x