LAPORAN DUGAAN PENIPUAN DAN PENGGELAPAN DANA JAMA’AH UMROH DINAIKKAN KE TINGKAT PENYIDIKAN

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Penyelidikan yang dilakukan oleh pihak Polda Gorontalo terkait laporan dugaan penipuan dan penggelapan dana jama’ah Umroh oleh NR telah dinaikkan statusnya dari penyelidikan ke tingkat penyidikan.

Hal ini dikatakan oleh Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono,SIK diruang kerjanya Jum’at 29/11 usai mengikuti upacara HUT Korpri ke 48.

“Laporan terkait penyalahgunaan dana jamaah Umroh yang melibatkan NMR oleh penyidik dari Subdit 1 Direskrimum Polda Gorontalo sudah dinaikkan ke tahap penyidikan hari selasa 26/11 melalui gelar perkara,dan hari Kamis kemarin (28/11) sudah dilakukan pemeriksaan terhadap 6(enam) orang saksi, termasuk didalamnya adalah Korban/pelapor,”kata Kabid Humas.

Kabid Humas mengatakan bahwa ada 2(dua) pasang saksi yang juga bertindak selaku koordinator rombongan dan juga sepasang jamaah lain yang kemarin diambil keterangannya.

“pasangan pertama adalah koordinator dari kelompok jamaah berjumlah 21 orang dengan Route Umroh Gorontalo-Jakarta-Madinah-Turki-Jakarta-Gorontalo, pasangan kedua merupakan koordinator jamaah berjumlah 8 orang, dan yang sepasang lagi merupakan jamaah umroh lainnya, yang mana dari keterangan mereka bahwa mereka dijanjikan oleh NMR, akan diberangkatkan melalui biro jasa travel Muhsinin dan telah membayar seluruh biaya perjalanan namun setelah berada di Jakarta gagal melanjutkan perjalanan karena ternyata terlapor NMR tidak ada kerjasama dengan travel Muhsinin yang rencananya perjalanannya akan difasilitasi oleh travel Umaro namun oleh Terlapor tidak dibayarkan biaya perjalanan mereka ke travel tersebut,”jelas Kabid Humas.

Dihadapan penyidik , sesuai keterangan dari Iptu Darwin Pakaya seijin Kasubdit I Dit Reskrimum Polda Gorontalomengatakan bahwa para saksi telah menyerahkan bukti-bukti pembayaran kepada terlapor NMR.

“Selain para saksi memberikan keterangannya,mereka juga menyerahkan bukti transaksi dan penyerahan uang kepada Nurmutmainnah berupa slip transfer bank, kwitansi pembayaran dan rekening koran bank,”ujar Darwin.

Lanjut Kabid Humas mengatakan bahwa penyidik sesuai rencana hari ini akan ke Buol guna memeriksa saksi lainnya yang menjadi korban dalam kasus ini.

“hari ini penyidik berangkat ke Buol, karena ada 5 saksi korban yang juga akan diperiksa disana, selain itu penyidik juga sudah mengirinkan surat permintaan saksi kepada Kakanwil Kemenag “tutup Kabid Humas.

Penulis   : WTC

Editor      : Irda

Publish    : Fandi

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x