26 Januari 2022

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Kesigapan Pol Air Polda Gorontalo Bersama SAR Gabungan Menyelamatkan Jiwa Penumpang Wisatawan

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, KM. BAHARI mengangkut penumpang wisatawan berjumlah 36 orang dari pulau Saronde menuju Dermaga Pelabuhan Kwandang, Minggu, 29 September 2019 pukul 19.35 wita.

KM. BAHARI dikemudikan oleh sdr. Eki mengangkut penumpang yang melebihi kapasitas dari muatan kapal yang dikemudikannya dengan pertimbangan penumpang berebut untuk kembali ke Dermaga Pelabuhan Kwandang, tanpa memperhitungkan cuaca yang ada pengemudi Eki langsung mengemudikan kapalnya.

Kondisi memburuk dalam perjalanan lautan cuaca makin parah dengan turunnya hujan ditambah angin kencang menerpa, sehingga kapal tersebut makin melambat, tanpa disadari oleh pengemudi body kapalnya sudah tua dan berlubang yang jika ditumpangi melebihi dari kapasitas akan digenangi air laut, sehingga sangat berbahaya bagi penumpang dan dirinya sendiri.

Kapasitas penumpang yang melebihi mengakibatkan genangan air didalam kapal makin bertambah, para penumpang panik dan ketakutan sehingga pengemudi Eki langsung membelokkan kapalnya ke pesisir pantai Ponelo Kec. Ponelo Kepulauan untuk meminta bantuan dengan menghubungi piket Basarnas Kwandang.

Menerima laporan tersebut TIM SAR Gabungan langsung merespon dan turun langsung ke lokasi kejadian, sesampainya dilokasi dilakukan pengecekan terhadap info yang di terima oleh TIM SAR Gabungan ternyata benar semua penumpang yang berada dilokasi pantai Ponelo berjumlah 36 (tiga puluh enam) orang dalam keadaan selamat.

TIM SAR Gabungan melakukan evakuasi, tetapi ada 4 (empat) orang wisatawan menolak untuk di evakuasi karena berasal dari pulau tersebut, selebihnya berjumlah 32 (tiga puluh dua) orang menuju Dermaga Pelabuhan Kwandang. Setelah tiba di Dermaga Pelabuhan Kwandang TIM SAR Gabungan melaksanakan Debriefing Ops Sar.

TIM SAR Gabungan terdiri dari Pos SAR Gorontalo Utara, KN. SAR Samba, POLAIRUD Polda Gorontalo, Polsek Kwandang dan Masyarakat serta keluarga Korban. Dan Sarana yang digunakan untuk penyelamatan yakni 1 unit KN SAR Samba, 1 Unit P. XX-II-007 pol airud pam marnit kwandang dan q unit Rib 02.

Piket Polsek Kwandang menyampaikan teguran kepada Pengemudi Eky agar tidak mengulangi tindakan yang dia lakukan karena akan berakibat fatal dapat menhilangkan nyawa orang banyak.

Penulis    : Irda

Publish    : Irda

Publish    : Fandi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x