18 Agustus 2022

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Cegah Kecurangan, Polres Gorontalo Periksa Alat Pompa SPBU

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo. Bahan Bakar Minyak ( BBM ) merupakan salah satu kebutuhan yang sangat central di semua lini kehidupan, naik turunnya harga BBM berpengaruh dalam perekonomian masyarakat, sehingga perlu adanya pengawasan dan kontrol dari pihak-pihak tertentu guna mencegah terjadinya kecurangan-kecurangan di area Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU).

Sebuah SPBU untuk mendapatkan sertifikasi ‘Pasti Pas’ harus lolos audit kepatuhan standard pelayanan yang ditetapkan oleh Pertamina. Audit ini mencangkup standard pelayanan, jaminan kualitas dan kuantitas, kondisi peralatan dan fasilitas, keselarasan format fasilitas, dan penawaran produk dan pelayanan tambahan.

Apabila terjadi kecurangan dalam pengisian BBM di SPBU maka yang di rugikan juga adalah masyarakat sehingga pada hari Rabu 26/06/2019 Unit II Sat Reskrim Polres Gorontalo di Pimpin Kanit II Aiptu Julianto Karmen, SE bersama anggota dan dengan di dampingi oleh petugas Metrologi Dinas Perindag Kabupaten Gorontalo Yolan Suwasti Amir, ST dan Muksin Nggiu, SH melakukan pemeriksaan takaran BBM atau mesin pompa BBM di Wilayah Hukum Polres Gorontalo dgn menggunakan alat bejana ukur dari petugas Metrologi

Adapun SPBU yang menjadi sasaran pemeriksaan yaitu SPBU Parungi Kecamatan Boliyohuto, SPBU Tolangohula Kecamatan Tolangohula dan SPBU Ulapato Kecamatan Telaga Biru. Dari hasil pemeriksaan petugas terhadap ketiga SPBU tersebut belum atau tidak di temukan adannya pelanggaran yang berindikasi pada kecurangan dalam sistim mesin/alat ukur digital takaran dan masih sesuai dengan teknis.

Di tempat terpisah Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono, SIK menyampaikan bahwa, apa yang dilakukan Sat Reskrim Polres Gorontalo yang bekerjasama dengan Dinas Perindag melakukan pemeriksaan SPBU adalah merupakan upaya pencegahan terhadap indikasi-indikasi kecurangan yang akibatnya merugikan masyarakat.

Penulis         : Hartoyo
Editor          : Irda
Publish         : Hardiyanti

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x