Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

ADA YANG UNIK DARI DESA BANUROJA-RANDANGAN, POS KAMLINGNYA DIJAGA OLEH PECALANG BALI

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo, Selasa (25/06/2019) Ada pemandangan berbeda dan unik saat tim penilai lomba Pos kamling tiba di Pos Kamling Desa Banuroja Kecamatan Randangan, Rombongan tim penilai lomba pos kamling tingkat Polda Gorontalo disambut oleh Bhabinkamtibmas bersama para awak Pos Kamling, sekilas ada yang berbeda dari seragam yang dipakai oleh anggota Pos Kamling. Tidak seperti pos-pos Kamling sebelummya yang awak Pos Kamling sudah nampak seragam dinas Linmas, di Desa Banuroja ini para awak pos kamling lengkap memakai seragam khas daerah Bali dan menyebut nama mereka Pecalang, seperti keterangan bapak Made salah satu awak pos kamling saat ditanya menyampaikan kata pecalang berasal dari kata ‘calang’, yang berarti waspada. Pecalang memiliki tugas untuk mengamankan dan menertibkan desa, baik dalam keseharian maupun dalam hubungannya dengan penyelenggaraan upacara adat atau keagamaan.

Tidak heran saat tim penilai lomba pos kamling tiba di Desa Banuroja ini terasa kental adat Bali karna masyarakatnya mayoritas berasal dari transmigrasi daerah Bali yang rata-rata memeluk agama Hindu. Terlihat dari banyaknya tempat ibadah umat hindu di setiap rumah di sekitaran pos kamling. “Ini merupakan kenaikan tersendiri yang kami nilai dari inovasi masyarakat dalam memberdayakan Pos Kamling, semakin unik semakin menarik masyarakat untuk aktif mendukung Kamtibmas, itu yang penting” kata Kasubdit Polmas Ditbinmas Polda Gorontalo AKBP Tony C Napitupulu, SE yang menjadi salah satu tim penilai.

Seperti diketahui dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke-73, Polda Gorontalo menggelar lomba Pos Kamling tingkat Provinsi Gorontalo. Kegiatan yang diikuti oleh 12 pos kamling dari 6 Kota/Kabupaten di wilayah Provinsi Gorontalo merupakan rangkaian kegiatan untuk memeriahkan HUT Bhayangkara ke-73 tanggal 1 Juli nanti. Pos Kamling yang akan dinilai oleh tim penilai dari Direktorat Binmas Polda Gorontalo merupakan Pos-pos kamling yang sudah dibentuk kawasan aman gangguan Kamtibmas oleh Polres jajaran. Akan ada 3 juara nanti yang akan menerima reward dari Bapak Kapolda saat upacara HUT Bhayangkara tanggal 1 Juli nanti.

Penulis   : PID DIT BINMAS

Editor      : Irda

Publish    : Fandi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x