10 Desember 2022

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

TINGKATKAN KEMAMPUAN PERSONIL, POLDA GORONTALO GELAR PELATIHAN BINMAS, LANTAS DAN BINTARA/PNS GOLONGAN II PPGD FUNGSI PEMBINAAN

tribratanews.gorontalo.polri.go.id – Polda Gorontalo. Wakapolda Gorontalo Kombes Pol. Drs Jaya Subriyanto mewakili Kapolda Gorontalo melaksanakan kegiatan pembuka pelatihan bintara polmas (fungsi binmas) bintara idik laka lantas (fungsi lantas), dan bintara/pns golongan II PPGD (fungsi pembinaan) T.A. 2019, yang bertempat di SPN Polda Gorontalo. Senin (24/06/2019)

Adapun pada kegiatan ini Wakapolda Gorontalo di dampingi oleh Dir Binmas Kombes Pol. Sumarno, S.Pd, Waka SPN Kompol Sugianto Mukadji, Akbp Karmila Lihawa yang mewakili Karo SDM, Akbp Ali Tahalele yang mewakili Dir Samapta Polda Gorontalo.

Polmas polri adalah implementasi pemolisian proaktif yang menekankan kemitraan sejajar antara polisi dan masyarakat dalam upaya pencegahan dan penangkalan kejahatan, pemecahan masalah sosial yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dalam rangka meningkatkan kepatuhan hukum dan kualitaa hidup masyarakat.

Pelatihan ini merupakan program kegiatan polda gorontalo dalam rangka meningkatkan kemampuan personel serta mengantisipasi perkembangan situasi terkini. Adapun pada kegiatan ini di ikuti oleh 125 personil Polda Gorontalo dan jajaran.

Pada kesempatan ini Wakapolda Gorontalo Kombes Pol. Drs. Jaya Subriyanto menyampaikan amanat Kapolda Gorontalo, pada isi amanat tersebut Kapolda gorontalo menyampaikan bahwa saat ini bangsa indonesia tengah memasuki babak akhir dari penyelenggaraan pemilu tahun 2019, namun karena adanya ketidak puasan dari sebagian peserta pemilu terhadap hasil yang telah di sampaikan oleh KPU selaku penyelenggara pemilu, maka saat ini perkara ketidakpuasan tersebut tengah di selesaikan melalui proses hulum di mahkamah konstitusi.

Jika di tinjau dari perspektif keamanan, agenda tersebut sangat memungkinkan timbulnya potensi kerawanan seperti adanya berita hoax dan ujaran kebencian di media sosial, maka dari itu kerawanan ini tentunya dapat melebar hingga keseluruh pelosok wilayah. Sehingga memerlukan antisipasi yang tepat dalam menghadapinya, seperti melalui tindakan soft aproach serta penggunaan strategi polmas polri.

Adapun dalam menyikapi perkembangan sitkamtibmas dan kamseltibcarlantas di wilayah hukum polda gorontalo saat ini, khususnya berkaitan penanganan kecelakaan lalu lintas. Masi ditemukan adanya kekurangan pahamnya personil dilapangan, baik dalam hal tindakan pertama ditempat kejadian (TPTKP) seperti olah TKP serta penanganan korban membutuhkan pertolongan pertama maupun dalam melakukan proses penyidikan.

Menyikapi permasalahan tersebut polda gorontalo telah melakukan upaya nyata melalui penggelaran berbagai pelatihan guna meningkatkan kemampuan personil sesuai tupoksinya sebagaimana yang kita laksanakan pada hari ini. Ungkap Kapolda yang disampaikan melalui amanatnya

Wakapolda Gorontalo Kombes Pol. Drs. Jaya Subriyanto menambahkan untuk para peserta pelatihan agar dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pelatihan ini dengan sungguh sungguh agar nantinya memperoleh hasil yang maksimal untuk kemudian dapat di aplikasikan ditempat penugasan masing-masing. Dan untuk kepada para instruktur dan pelatih, saya berharap dapat memberikan materi yang mudah dipahami oleh para peserta sehingga pada akhirnya dapat memberikan manfaat bagi seluruh peserta dalam melaksanakan tugas sesuai dengan bidang tupoksinya, “harapnya.

Penulis         : Saiful
Editor          : Irda
Publish         : Hardiyanti

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x