Polisi Ikut Sukseskan Kedatangan Menteri Sosial Di Lokasi Pemberdayaan (KAT) Gorontalo Utara

Tribratanews.gorontalo.polri.go.id . Polda Gorontalo. Menteri Sosial RI melaksanakan kunjungan kerja ke lokasi Pemberdayaan Komunitas Adat Terpencil (KAT) yang diwakili oleh Dirjen Pemberdayaan Sosial Bpk.Pepen Najarudin dalam rangka pengresmian pemukiman rumah sederhana KAT yang dilaksanakan, Kamis (20/12/2018) di Dusun Tapaibuhu Desa Tanjung Karang Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara.

Disela pelaksanaan kegiatan kementerian sosial yang menghadirkan 500 masyarakat. Pihak Kepolisian Resor Gorontalo bersama Polsek Kwandang mengambil andil dalam pelaksanaan kegiatan ini dengan membantu Masyarakat yang hendak menuju ke lokasi kegiatan dengan menggunakan Kenderaan Mobil Dinas Patroli Polsek Kwandang karena akses jalan menuju lokasi kegaiatan rusak dan bebatuan. Disamping itu juga Pihak Kepolisian melaksanakan pengaturan arus lalin dan Pengamanan yang dibantu oleh Koramil, Pol PP dan Dishub sehingga pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan lancar.

Dalam sambutan Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI Bpk.Pepen Najarudin menyampaikan bahwa sudah selayaknya masyarakat mendapatkan hak yang sama maka dengan ini pemerintah pusat akan membagun di setiap daerah terpencil khususnya KAT agar masayarakat lebih sejahtera dan untuk tahun 2019 pemerintah pusat akan berencana akan membangun pemukiman KAT di 3 lokasi Provinsi Gorontalo dengan kireteria lokasi yang tidak terjangkau dari bantuan dan tentunya ini adalah perhatian khusus dari pemerintah pusat sehingga bantuan ini mengarah ke lokasi-lokasi terpencil yang contohnya sekarang ini ada di Desa tanjung karang Kab Gorontalo Utara. Maka dari itu program ini akan berjalan terus menerus dan pemerintah pusat khususnya kementerian sosial akan terus memantau program ini agar terarah serta tepat kepada lokasi terpencil yg sangat membutuhkan bantuan. Selanjutnya laporan Bupati Gorontalo Utara DR.H.Indra Yasin,SH,MH kepada bapak Dirjen bahwa angka kemiskinan di Kab.Gorontalo Utara pada tahun 2007 sekitar 34% dan pada tahun 2018 menurun menjadi 18%.

Pada kesempatan ini juga pemerintah daerah Kab.Gorontalo Utara mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian dari pemerintah pusat terhadap daerah Kab.Gorontalo Utara dengan memberikan bantuan 45 unit rumah pemukiman KAT sehingga selaku Kepala Daerah punya kewajiban akan memperbaiki jalan menuju ke pemukiman ini sehingga masyarakat dapat menikmati akses tersebut.

Sebelum Dirjen Pemberdayaan Sosial meresmikan Pemukiman Sangat Sederhana KAT dan memberikan bantuan sebesar Rp. 1.561.500.000 serta penyerahan bantuan dari indomaret sebesar Rp. 10.000.000 kepada masyarakat yang juga di dampingi oleh Wakil Gubernur Gorontalo Bpk. H.Idris Rahim, Direktur pemberdayaan komunitas terpencil Dr. Harapan Lumbangaol, Direktur pengelolaan sumber daya bansos Ibu.Mira Riati Kurniasih, M.Si, Kadis pemberdayaan sosial prov gorontalo Drs. Risjon Sunge, M.Si. dan Duta KAT Bpk.Krisna Mukti menyampaikan mudah mudahan dengan meperingati hari HKSN kami pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Sosial RI dapat memberikan bantuan lagi di tahun akan datang.

Penulis         : Herdianto
Editor          : Irda
Publish         : A.Hardiyanti

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x