26 Januari 2022

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

POLDA GORONTALO KIRIM 109 PERSONIL EVAKUASI KORBAN GEMPA DAN TSUNAMI DI KOTA PALU

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Dengan peristiwa tsunami 2004 masih segar di dalam ingatan, tingkat kekuatiran masyarakat sangat tinggi. Masyarakat Indonesia yang bertempat tinggal di desa-desa atau kota-kota dekat pantai sering melarikan diri ke wilayah perbukitan yang terletak lebih ke tengah daratan setelah sebuah gempa bumi terjadi karena mereka takut menjadi korban tsunami (walau biasanya alarm palsu karena tidak terjadinya tsunami). Rata-rata, setiap lima tahun sekali sebuah tsunami besar terjadi di Indonesia, biasanya di pulau Sumatra dan pulau Jawa. Pada umumnya, kerusakan pada infrastruktur melebihi jumlah korban jiwa. Ada alat-alat sistem peringatan yang dipasang di banyak area pantai namun ada laporan-laporan bahwa tidak semua peralatan itu berfungsi dengan baik.

Seperti yang terjadi kemaren di kota palu Sulawesi tengah,Jumat 28/09/2018 pada pukul 18.00 terjadi gempa bumi dengan kekuatan 7,7 scala richter dengan kedalaman 10 km dari dasar laut. gempa bumi dengan kekuatan ini sangat berpotensi untuk terjadinya tsunami, selang beberapa saat tsunami pun terjadi sehingga mengakibatkan kerusakan bangunan dan korban jiwa di kota palu seperti yang di lansir dari beberapa media baik media nasional maupun media online bahwa akibat gempa dan tsunami ini banyak mengakibatkan korban jiwa dan beberapa bangunan di kota palu ambruk. 

Gorontalo yang merupakan daerah terdekat dari kota palu ikut merasakan apa yang di rasakan oleh masyarakat kota palu, untuk itu Polda Gorontalo sesuai dengan perintah as ops kapolri melalui Kapolda mengirimkan personil untuk ikut membantu dan mengevakuasi korban di kota palu.

Karo ops Polda Gorontalo menjadi inspektur upacara Pada upacara pelepasan personil Polda Gorontalo dalam rangka operasi kemanusiaan aman Nusa II bertempat di lapangan markas komando Brimob Polda Gorontalo, 29/09/2018. Personil Polda Gorontalo yang dikirim terdiri dari seratus 100 personil  Brimob dan sembilan (9) personil Dokes Polda  Gorontalo Pada sambutannya Karo ops berharap agar personil Polda Gorontalo yang nantinya akan berangkat tetap menjaga kesehatan agar dalam melaksanakan tugas dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Sementara itu Kabid Humas Polda Gorontalo  AKBP Wahyu Tri  Chayono Sik menyampaikan bahwa Polda Gorontalo atas perintah Asop kapolri melalui Kapolda gorontalo agar mengirimkan personil Polda Gorontalo pada operasi kemanusiaan ini, apalagi Gorontalo merupakan daerah yang sangat dekat dengan kota palu. Kabid Humas menghimbau agar kejadian yang menimpa kota palu ini kita bisa terpanggil untuk memberikan bantuan berupa doa maupun bantuan materil kepada korban bencana alam di kota palu pinta Kabid humas.

Penulis         : Irham

Editor           : Mulyono

Publish         : Firdha

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x