10 Agustus 2022

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Gelar Lomba PKS Harapkan Pelajar SMA/SMK Tingkatkan Disiplin

Tribartanewsgorontalo.co.id. Polda Gorontalo . Patroli Keamanan Sekolah ( PKS ) merupakan suatu wadah / organisasi pelajar masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler di sekolah guna membentuk karakter, berlatih kepemimpinan dan menanamkan  kedisiplinan   berlalu lintas sehingga mereka dapat menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas dan membudayakan keselamatan sebagai kebutuhan.

Hal ini membuat Polda Gorontalo khususnya Dit Lantas polda gorontalo dan jajaran polres dalam rangka Hari Bhayangkara ke 72 melaksanakan lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di polda Gorontalo. Lomba PKS ini di buka langsung oleh Dir Lantas Polda Gorontalo Kombes Pol Drs. M. Pratam .A. Sik.SH.MH. Kamis (26/7)

Lomba PKS ini juga di ikuti 10 sekolah , setiap polres mengikutkan 2 grup dalam perlombaan PKS.

Kombes Pol Drs. M. Pratma .A Sik.SH.MH sangat mendukung program ini dengan harapan  munculnya para  generasi penerus bangsa sebagai pioner-pioner dan pelopor keselamatan dalam berlalu lintas .

Tujuan dari dibentuknya PKS tersebut untuk melatih siswa menjadi anggota polisi sekolah. Di organisasi tersebut, mereka dilatih baris berbaris, kedisplinan kekompakan dan kebersamaan, gerakan-gerakan lalu lintas.

Gerakan-gerakan tersebut biasanya dilakukan anggota PKS di depan sekolah.Selain itu mereka juga berkewajiban menjaga, melindungi dan mengamankan sekolahnya.

“Kami sangat terbantu dengan adanya PKS ini. Mereka ikut andil dalam mengatur lalu lintas dan menyeberangkan rekan-rekannya saat jammasuk dan keluar sekolah,” ujar Kombes Pratama

Terkait yang dinilai dalam lomba tersebut diantaranya kerapian kostum, keserasian dan keindahan, gerakan pengaturan serta ketepatan waktu.

Ia berharap dengan adanya lomba ini anggota PKS lebih semangat dan bangga. Selain itu, diharapkan pelajar lain termotivasi jadi anggota PKS sehingga semakin menumbuhkan kesadaran tertib berlalu lintas.

“Mudah-mudahan dengan lomba ini pelanggaran lalu lintas dilakukan pelajar bisa ditekan. Anggota PKS juga kami harapkan mensosialisasikan ke teman-temannya,” ujarnya.

Penulis : Hardiyanti
Editor : Mulyono
Publish : Hardiyanti

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x