28 Januari 2023

Polda Gorontalo

TribrataNews – Portal Berita Resmi Polda Gorontalo

Dialog Interaktiv : DPRD Provinsi Gorontalo Dukung Terwujudnya SPN Gorontalo Yang Unggul

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Minggu 25 /02/2018, Pkl. 09.00 wita, Waka Polda Gorontalo Kombes Pol. Drs. Eko Sukriyanto sebagai Nara sumber dalam dialog Interaktif di SPN Polda Gorontalo bersama dengan Ketua DPRD Propinsi Gorontalo Dr.  Paris K. Yusuf,  Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo,  H. KONI Gobel,  Rektor UNG,  serta Rektor  Ichsan.

Yang dihadiri oleh, PJU polda Gorontalo, Anggota Dewan Kota dan Kabupaten Gorontalo serta Anggota DPRD provinsi Gorontalo serta Tokoh Masyarakat,  Tokoh Agama Kec. Batudaa Kab. Gorontalo.

Dalam Dialog tersebut mengangkat Tema “PERAN DPRD PROVINSI GORONTALO DALAM MENDUKUNG TERWUJUDNYA SPN GORONTALO UNGGUL”.

Di awal dialog ketua DPRD menyampaikan bahwa semenjak SPN di resmikan oleh Kapolri beliau selaku ketua DPRD memberikan apresiasi yang tinggi terhadap Kapolda Gorontalo dan jajaran dalam mewujudkan impian masyarakat dalam pembangunan SPN yang sangat megah di seluruh Indonesia sehingga  putra – putra Gorontalo tidak melaksanakan lagi pendidikan di luar daerah.

Disamping itu beliau menyampaikan terima kasih kepada kinerja Polri khususnya Kapolda Brigjen Polisi Drs. Rachmad Fudail, MH dan jajaran atas perjuangannya membangun  SPN sehingga dengan SPN ini dapat meningkatkan taraf perekonomian yang dibuktikan dengan anggaran yang akan turun dalam pembangunan lanjutan ditahun 2018 adalah sebesar 62 miliar,  ditambah dengan anggaran yang akan   di hibahkan oleh pemerintah Provinsi Gorontalo untuk pembangunan Auditorium SPN Gorontalo sebesar 10 miliar. “Ungkap Paris”

Pada kesempatan itu Waka Polda Gorontalo Kombes Pol Drs Eko Sukriyanto menyampaikan bahwa pembangunan SPN terwujud awalnya adalah berkat perjuangan Bapak Kapolda Gorontalo Brigadir jenderal Polisi Drs Rachmad Fudail, MH  tanpa ada dana sepersen pun yang turun beliau membangun SPN ini bekerja sama dengan para pejabat Utama Polda Gorontalo dan jajaran  serta di bantu langsung oleh DPRD Propinsi Gorontalo serta Gubernur provinsi Gorontalo hingga akhirnya diresmikan langsung oleh Bapak Kapolri Jenderal Polisi Pfof. H. Tito Karnavian, Ph. D. Pada tanggal 26/01/2018. “jelas waka”

Waka polda menyampaikan bahwa anggaran yang sudah digunakan untuk pembangunan SPN ini sudah mencapai 32 miliar hingga pada saat di resmikan SPN ini, hal ini merupakan dukungan dan partisipasi dari masyarakat  serta pemerintah provinsi Gorontalo.

Untuk itu beliau menyampaikan terimah kasih kepada masyarakat sehingga SPN bisa terwujud. “tegasnya”

Terungkap melalui dialog Waka Polda menjelaskan bahwa akan ada pembangunan  lanjutan dimana akan dibangun kolam renang,  tambahan poliklinik,  rumah dinas Ka SPN,  Waka SPN,  dan anggota termasuk lapangan olah raga sport center,  barak los dengan anggaran 62 miliar ditambah pembangunan Auditorium sebesar 10 miliar hibah dari Gubernur.

Untuk saat ini di sampaikan waka Polda  bahwa untuk SPN sudah digunakan untuk kegiatan pelatihan dan SPN terbuka bagi instansi yang mau melaksanakan pelatihan,  begitu juga dengan masyarakat yang mau melaksanakan hajatan.

Ditegaskan bahwa tahun 2018 ini bulan agustus akan dibuka pendidikan Bintara baru yang akan dididik SPN Batudaa sesuai dengan Kuota sebanyak 133 orang, namun Kapolda mengusahakan sebanyak 200 orang. Dan untuk perlengkapan bagi siswa yang akan didik sudah disiapkan. “jelasnya”

Bupati Gorontalo merasa bangga dengan Polda Gorontalo telah mewujudkan SPN Gorontalo meskipun tanpa ada uang, namun Kapolda Gorontalo bersama jajaran bisa mewujudkan impian masyarakat akan hadirnya SPN Gorontalo ini. “tegasnya”

Dampaknya SPN menurutnya sangat luar biasa dengan adanya SPN,  dimana para siswa akan mudah untuk melaksanakan sekolah,  yang tadinya yang lulus hanya 50 orang akan tetapi dengan adanya SPN di Gorontalo maka yang akan lulus bertambah hingga lebih dari 100 orang ini luar biasa”ungkap Nelson”

Disamping itu beliau menyampaikan dampak yang menonjol dari perkembangan SPN ini harga tanah yang di sekitar mulai meningkat harganya,  dan tadinya batudaa ini masih termasuk terpencil namun dengan adanya SPN ini maka batudaa khususnya Desa Tabongo ini  sudah termasuk Kota yang sudah berkembang. “jelasnya”

Dalam Dialog ini Rektor UNG Prof. Dr Sasoko Tumaloto mengucapkan terima kasih dan sangat bersyukur kepada Polda Gorontalo telah membangun SPN diPolda Gorontalo berkat Kapolda Gorontalo.

Beliau mensport SPN dalam mengembangkan pendidikan dan kurikulum dalam membina Karakter Kepolisian yang akan dididik di SPN Gorontalo dan menyatakan akan siap membantu dalam hal memberikan pendidikan terhadap siswa – siswa yang akan di didik, terutama dibidang IT. “tegasnya”

Rektor Ichsan menjelaskan bahwa untuk SPN ini harus punya kwalitas yang baik maka yang harus diperhatikan adalah kurikulum,  sistem yang mengaturnya dan SDM bagi para pengajar maupun Instruktur serta sarana dan prasarana yang akan digunakan begitu pula tata kolola,  dan untuk mencapai semua itu dalam bidang pendidikan kita harus mempunyai visi misi serta tujuan dan sasaran.”jelasnya”

Mengingat pendidikan hanya berlangsung selama 7 bulan maka kita harus melihat perkembangan pendidikan yang dilaksanakan sehingga dapat mencapai prestasi yang lebih baik ditingkat nasional maupun Internasional.”ungkap rektor Ichsan”

Setelah mendengarkan penjelasan para narasumber dilanjutkan dengan tanya jawab,  dan bagi yang bertanya mendapatkan cendera mata dari Waka Polda Gorontalo.

Ditambahkan Waka Polda Gorontalo bahwa setelah pembangunan SPN akan dilanjutkan dengan pembangunan Rumah sakit dan pengembangan Poliklinik dan ini bukan cuma di khususkan untuk siswa akan tetapi terbuka pula untuk masyarakat yang ingin berobat atau dirawat di Poliklinik SPN Gorontalo. “tutupnya”

Penulis         : Halim

Editor           : Mulyono

Publish         : Fandi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x